Sabtu, 09 November 2013

Instagram

















http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/2/28/Instagram_logo.png
instagram logo
find me on instagram : @zulfarahma

Instagram is a kind of social media where U can share pictures with your friends.
But I think U can't using instagran on Ur  computer and laptop well. Because I'd already try it. Just download it to your tablets or smartphones.  :D

Instagram also has several benefits. U can  follow celebs, artists, and famous people without needing their confirmation like in facebook. It's like twiter but more exciting coz we are playing with pictures. There are also picture effects that U can use them to make your pictures cooler.
Actually, I'd have instagram account when I was in my second year senior high school, but I never touch it. I just uploaded a few pictures then I didn't have a lot of friends on instagram so I deleted the application and I forget it. :(
I just realized that instagram is cool when I was in University and my friends use it. So I download it again. Hahaha.... Lol.... :P


And..... Here I give U some Indonesian Artist's Instagram Account. I copied them from my friend's blog daniesharra.heck.in.
Akun instagram artis-artis indonesia :
Agnes Monica @agnezmo  
Sharena Rizki @MissSharena
Putri Titian @putrititian  
Natasha Rizki Pradita @natasharizkinew  
Pevita Pearce @pevpearce  
Gege Elisa @gegeelisa94  
Haykal Kamil @haykalkamil  
Lucky Perdana @_luckyperdana  
Luna maya @lunamaya  
Gading Marteen @gadiiing  
Gisela Anastasia @gisel_la  
Aril tatum @ariltatum  
Asmirandah @asmirandah
 Adipati Dolken @adipati  
Maudy Ayunda @maudyayunda  
Samuel Zylgwyn @samuelzylgwyn  
Febby Rastanty @febbyrastanty
Marsha Timothy @marshatimothy  
Masayu Clara @masayuclara  
Kevin Julio @kevinjulio  
Raditya Dika @raditya_dika
 Ibnu Jamil @ibnujamilo  
Vino G bastian @_vinogbastian  
Dimas Anggara @dimsanggara
Ringgo Agus @ringgoagus
 Kiki Azhari @kazhari
 Christi Julia @christijulia  
Fitrop @fitrop
 Rian Delon @tail_wagging
Ardina Rasti @ardinarasti6  
Oxel @oxcel  
Titi Rajo Bintang @titirajobintang

Thankyou ^_^

Selasa, 15 Oktober 2013

Jumat, 06 September 2013

Istilah - Istilah Gaul yang Sebaiknya Anda Tau

Berikut istilah2 gaul yg saya rangkum dari pengalaman dan berbagai sumber, moga bermanfaat.


Kepo : Knowing Evrithing Particullary Object : pingin tau banget gitu.

Woles : Pembalikan dari kata selow, slow. Artinya santai, biasa aja.

LOL : Laugh Out Loud : tertawa yang beneran sampai terbahak-bahak.
 
gws : Get Well Soon : Cepet sembuh yaa.

PHP : powerhope : bisa juga diartikan Pemberi Harapan Palsu.

Maho : Singkatan dari Manusia + Homoseksual

otw : on the way = lagi di jalan

unyu : lucu, menggemaskan, biasanya diikuti dengan emoticon :3

ilfil : serapan dari bahasa inggris : illfeel/ ill feel, yang berarti perasaan yg memuakkan

cekidot : Terjemahan dari frase 'check it out'. Artinya 'silakan dilihat'.

alay : anak layangan : menunjuk seseorang memiliki penampilan atau sikap yang berlebihan.

Brb : Be right back (bakal kembali)

PW : kepanjangan dari Posisi Wuenak.

BTW : By The way  : ngomong-ngomong

Curcol : Curhat colongan : N

Geje : Gak jelasgomongin sesuatu yang panjang nggak berhenti padahal kita nggak tanya.

Titi DJ : Hati-hati di jalan

Hadijah : Hati-hati di jalan juga

IDL : Itu derita lo

Lola : Loading lambat

cz / coz : kependekan dari because : karena/soalnya

EGP : emang guwe pikirin

PTP : po tak pikir / emg gw pkrin

MasBuLe/MBL / Masbuloh : Masalah Buat Loe?

CePeDe : capek deh

OMG : Oh My Good : ya tuhan !

Gan / Agan : Memanggil orang lain dengan panggilan 'juragan' (disingkat menjadi 'agan' atau 'gan') agar terdengar lebih bersahabat, biasanya dipake di kaskus.

Modus : Modal Dusta alias nggombal

Selasa, 27 Agustus 2013

Minggu, 11 Agustus 2013

Cat Sandy dan Rubber

OSPEK tinggal menghitung hari dan masih ada beberapa barang bawaan yang belum dapat saya temukan.... mereka adalah.....>>>> Cat Sandy dan Rubber.
Saya searching di mbah google, yang keluar adalah "seekor kucing bernama sandy" dan "penghapus pensil". (-_-)#
Saya sempat kepanasan karena saya memang benar2 nggak tau cat sandy dan rubber itu apaan. Masalahnya mereka berdua itu kata2nya kayak bahasa inggris, jadi yang keluar ya kucing lah, ya penghapus lah.
Setelah sekian lama searching dan diulang2 kata kunci pencariannya, akhirnya............

Horeeee..... \(^o^)/
Akhirnya saya mengerti barang apa yang dimaksud.
Akhirnya. Hiuhh...... seneng.
Saya pun dengan percaya diri menulis postingan ini (walaupun sebernarnya barangnya belum tentu bener) (Tapi mudah2an bener sih. ) dengan tujuan dapat membantu teman2 seperjuangan yang seperti saya ini (yang suka tanya apa2 di mbah google).
Setidaknya jika postingan ini sudah saya posting, gambar atau artikel  kucing dan penghapus yang muncul di layar kalian enggak banyak2 amat lah. Nggak papa lah postingan ini nyelip dikit dikit.

Nah, dari hasil pencarian saya di mbah google dan keblasuk2 ke baerbagai web, saya menemukan fakta bahwa :
# Cat Sandy dan Rubber itu berhubungan dengan sablon-menyablon atau semacamnya.
# Rubber nama lainnya Opaque : sejenis pasta berwarna putih, bahan dasar sablon. Dijual di toko2 yang menjual barang2 sablon, dijual kiloan.
# Rubber nama lainnya Opaque nama lainnya Pasta Sablon.
# Cat Sandy : adalah semacam zat warna. dijual di toko peralatan dan bahan sablon, toko alat tulis yang jual poster dan semacamnya. Dijual liter n botolan, cukup 3 botol sandy(biru, merah, kuning) untuk ciptakan warna apapun.

#Oh ya, untuk bikin sepatu lukis salah satunya :
gunakan cat jenis cat akrilik atau Rubber (tinta Textil) dengan pelarut air dan pewarna Sandy.

Saya juga searching toko2 yang jual alat sablon, dan saya menemukan  :
Toko KONDANG JAYA| toko alat dan bahan sablon.| Jl Ibu Ruswo 31 
Nb : saya nggak bermaksud promosi loh. soalnya cuma toko itu yang saya tau keberadaanya.
Jalan Ibu Ruswo itu Alun2 Utara ke timur, kanan kiri banyak menjual perlengkapan pramuka (yang belum dapat Berdera plastik dan Tali Kur Hitam di sana juga ada, lengkap) itu namanya jalan ibu ruswo.

Oh ya, satu lagi tambahan, yg belum nemu Slayer putih, dia dapat ditemukan di sepanjang jalan di daerah Kota Baru, Jogjakarta. (Bunderan UGM ke Selatan, ketemu lampu merah yg ada gramedia di pojokannya, tetep lurus ke selatan, mentok Stadiun Kridosono, puterin dulu searah jarum jam, setelah nemu bimbel GO warna kuning di kiri jalan, ambil kiri alias ke barat alias udahan muterin Stadiun Kridosononya, ntar di sepanjang jalan banyak penjual helm, sarung tangan, slayer dkk, itu namanya Kota Baru) Disitu ada penjual slayer putih polos losss.

Selasa, 16 Juli 2013

Pantai Pok Tunggal - Saingan Baru Indrayanti

Tak terasa ya liburan sekolah telah berlalu. Waktunya back to school....
Eits...buat yang belum puas liburan, jangan khawatir. Masih ada libur lebaran yang menanti kita.
Ngomong-ngomong soal liburan, libur lebaran mau ke mana besok? Adakah yang mau mudik atau liburan ke Jogja?
Jogjaaa...... Selain terkenal dengan wisata sejarah dan budaya, Kota Jogja juga memiliki banyak objek wisata alam yang bagus-bagus, termasuk deretan pantai yang sangat sayang sayang untuk dilewatkan. Liburan ke Jogja tapi nggak ke pantainya itu...kayak makan bakso tapi nggak pake bakso.
Salah satu pantai yang belakangan sedang naik daun adalah Pantai Indrayanti Gunung Kidul, yang orang bilang mirip Pantai Kuta di Bali. Dulu, sebelum Indrayanti ditemukan, saya pikir Pantai Sundak adalah pantai paling timur di deretan Baron-Kukup-Drini-Krakal-Sundak. Tetapi setelah Indrayanti ditemukan, itulah pantai paling timur di Gunung Kidul menurut saya.
Tapi ternyataa..........jeng jeng........


Pantai Pok Tunggal
Patai baru telah ditemukan !
Dia adalah Pantai Pok Tunggal, dijamin bakalan jadi saingan beratnya Indrayanti.
Pantai pok tunggal tuh bener-bener masih perawan, masih sepi, pasirnya putih bersih, ombaknya tenang, dan pemandangannya itu lohh... bagus beudth!
Dia bener-bener anak baru yang masih polos banget. Sepi, bersih, dan amazing banget pokoknya.

Untuk menuju ke Pantai Pok Tunggal caranya adalah dengan jangan berhenti di parkiran indrayanti, melainkan terus lurus aja jalan ke timur dan....maaf saya lupa belok ke mana setelah itu. (mungkin bisa tanya ke mbah google atau tour guide atau yang orang sana mungkin tau). Nanti ketemu plank menujuk ke arah selatan kalau nggak salah tulisannya "pok tunggal 1 km", belok deh kita ke selatan. Seperti pantainya, jalan menuju ke Pantai Pok Tunggal pun masih perawan. Masih bebatuan belum diaspal gitu, kalo orang jawa bilang "ting gronjal" alias jalannya nggak rata. Dan musti hati-hati untuk mobil, karena lumayan susah jika berpapasan dengan sesama mobil. Tetapi kalau sudah sampai ke pantainya, dijamin, semua terbayar dengan keindahan pantai yang masih perawan kinyis-kinyis itu.
Atau yang suka olah raga, katanya bisa jalan kaki lewat jalan setapak di sisi timur Idrayanti, ntar sekitar kurang lebih 2 km akan menemukan pantai dengan pasir putih seperti surga, itulah dia Pantai Pok Tunggal.
Berikut adalah beberapa foto yang saya ambil di sana.
Semoga anda kepingin. ^_^
my friend

my friend


my friend


my friend on the crag
pohon inilah yang menjadi daya tarik Pantai Pok Tunggal

Senin, 01 Juli 2013

125 Teka-teki MOS/OSPEK

Berhubung sekarang momennya sedang pas, sebentar lagi masuk tahun ajaran baru.
Buat teman2 yang sedang bersiap masuk kuliah dan menghadapi OSPEK(seperti saya :P) , dan adik2 SMP yang sedang siap-siap mau masuk SMA, dan adik2 SD yang sudah tidak sabar mau masuk SMP, dan adik-adik TK yang..#eh,enggak ndink..SD kan nggak ada MOS ya? Ya sudah ya sudah...
Berikut adalah  125 Teka-teki MOS/OSPEK yang saya kutip dari forum kompas, semoga bermanfaat
1. air putih = susu
2. air bening = air putih
3. air anget = air jahe
4. susu ngantuk = susu bantal
5. nasi perang = nasi goreng
6. nasi pocong = lontong
7. sayur campur = sayur asem
8. cacing goring = mie goreng
9. cacing rebus = mie rebus
10. nasi belom mateng = beras
11. Coklat rihana = coklat payung
12. Monyet2 gila = momogi
13. Triplek isi Pasir : Creaker
14. Air dari sungai Nil >> Air putih ditulis dengan merek sendiri.
15. makanan bulan = keju/terang bulan
16. kacang ilmuwan = kacang pilus/kacang sukro/kacang atom
17. oli = kopi
18. batu bata italy == tango
19. biskuit 3 rahasia mungkin maksudnya oreo (diputar, dijilat & dicelupin)
20. buah malam minggu= apel
21. makanan pelaut= bayam
22. minuman ngeres= marimas/kopi / frutang
23. bantal tepung terigu=roti bantal deh kayaknya
24. santan sapi murni=Susu cair putih
25. spongebob coklat lembek= Brownies
26. ikan harta karun= Ikan Mas
27. bakal ayam = telur
28. P3k=oky jell
29. buah ketakutan = buah pear
30. buah washington kayaknya apel merah
31. Minuman kotak sejuta warna >>> teh kotak
32. Kentut Stela >>> qtela
33. Bantal Sobek isi nya Tanah liat = roti sobek isi coklat
34. Guling Sobek rasa darah = roti panjang isi stroberi
35. sayur cina=cap cay
36. buah mandarin=buah naga / jeruk mandarin
37. minuman energi=extra joss
38. ikan masuk angin=ikan kembung
39. tinta merah:sirup merah
40. cokalt balok = chungky bar
41. telur udik cap rt/rw = telor asin, biasa kan ada cap2nya gitu
42. telephone hewan khas china = biskuit hello panda
43. tongkat badai cokelat = twister choco stick
44. buah teh macintosh = fruit tea apel
45. panggangan orang belanda cokelat = klapertart
46. the hijau gembira bunga melati = joy tea
47. pesisir melingkar keju = richeese / rings
48. transjakarta bertenaga macan = biskuat
49. cokelat lebih baik = better
50. cokelat peralatan kucing = kit kat
51. permen pria bertepuk = permen mentos
52. buah harajuku = buah j-rock = buah jeruk
53. lucky stick :tongkat keberuntungan
54. minuman ringan membangkitkan ulama=NU Green Tea
55. biskuit dengan texline"brr..brr..brr " = oreo ungu
56. biskuit super=biskuat
57. bread essence = sari roti
58. Minuman Botol 600ml+ sedotan=Penampung air ukuran 600ml+selangnya
59. susu penurut=susu yes
60. Biskuit lebih baik = Better
61. Alat Terbang harry potter 2011/2012 = sapu (maybe)
62. Snack monyet petualang = Taro
63. Wafer coklat merk oli = TOP
64. Tongkat host happy song = coki-coki
65. Buah dad say yes (bahasa inggris) = PAPAYA
66. rumah iglo=nasi yang dibentuk kayak direstoran
67. telor mata kedip=telor mata sapi
68. sayur kuah 5 warna=sop (berkuah,isinya warna warni kayak wortel kentang dsb)
69. Dewi Sri Berjemur = nasi Goreng
70. Dodol Sapi....=SOZZIS
71. 1+lada=Selada
72. T+Kekebalan = Timun
73. Bilangan '2,3,5' = Aer minum cap Pr*ma
74. Bulan Sabit = Pisang
75. kaka' Amis Trick = Teh Manis
76. Telletubbies mencari keringat = po Cari Sweat
77. Binatang Dua Huruf Kriuk2 = Kerupuk Udang
78. Minuman Dwi panzer = Aer Merk 2tang
79. Buah Upacara = apel
80. kerupuk union = Kerupuk Bawang
81. Minuman Kanibal= Nutri sar*i (jeruk makan jeruk)
82. Stempel AIR = Cap Cay
83. usus Merdeka = Susu Bender*a
84. botol minum team = CLUB
85. pembalut anggrek (makanan) = antara roti orchid n metega merek orchid butter
86. keripik cinta = minori (bentuk kripiknya hati )
87. landak fruit = salak
88. Coklat pintar ya smarties
89. Pulpen biasa2 aja = stand**d
90. Pulpen cepat = fas**r
91. buah nyanyian kedamaian = pisang
92. minuman istri aladin = teh ko**k
93. lengket rapet/jaring spiderman = lem atau lakban
94. pulpen terbang = pilot
95. makanan pelancong = snack Tourist
96. kursi goyang = tulis aj di kertas
97. minuman spiritus = pepsi blue
98. susu macan=milk*at
99. pisang1sisir=pisang ama sisir 1
100. pulpen gurunya nasi Jepang = picc**o
101. snack anak ayam = ch**i
102. kotak dekat atas = kotak pasta gigi cl**e up
103. botol minum drink together = botol c**a-c**a
104. Mahadewi hangus : nasi goreng atau nasi bakar
105. Cahaya Matahari yang mencair=sunlight
106. BATU BATA BELANDA > Oncom.
107. Air Minum 6T: VIT
108. minuman orng bngsawan = Royal jelly
109. Minuman yg d hormati = susu cap bendera
110. permen penyelamat = permen karet
111. SNACK SEPATU KEKERINGAN=SOES KERING
112. buah ciuman matahari : sunkis
113. sabit merah: semangka
114. Pesawat akhir alphabet: chiki Jet-Z
115. Nasi band – nasi bluben
116. buah raja mesir – pear
117. air lumpur - susu coklat
118. telur gunung berapi - telor balado
119. sayur butek - sayur LODEH
120. sprite tak bersoda - air putih
121. iPod hijau = apel ijo palingan
122. coklat pelit = coklat kecil2 = meses?/ silverqueen
123. coklat marshanda= cha cha
124. Chiki Bohong = Lays
125. roti tukul = roti sobek

Sumber : forum.kompas

Senin, 03 Juni 2013

Kisah Cinta yang Mengharukan


Saya kutip dari catatan facebook teman sekelas saya,
Semoga kisah di bawah ini membuat kita belajar bersyukur atas apa yang kita miliki :


Aku membencinya, itulah yang selalu kubisikkan dalam hatiku hampir sepanjang kebersamaan kami. Meskipun menikahinya, aku tak pernah benar-benar menyerahkan hatiku padanya. Menikah karena paksaan orangtua, membuatku membenci suamiku sendiri.


Walaupun menikah terpaksa, aku tak pernah menunjukkan sikap benciku. Meskipun membencinya, setiap hari aku melayaninya sebagaimana tugas istri. Aku terpaksa melakukan semuanya karena aku tak punya pegangan lain. Beberapa kali muncul keinginan meninggalkannya tapi aku tak punya kemampuan finansial dan dukungan siapapun. Kedua orangtuaku sangat menyayangi suamiku karena menurut mereka, suamiku adalah sosok suami sempurna untuk putri satu-satunya mereka.


Ketika menikah, aku menjadi istri yang teramat manja. Kulakukan segala hal sesuka hatiku. Suamiku juga memanjakanku sedemikian rupa. Aku tak pernah benar-benar menjalani tugasku sebagai seorang istri. Aku selalu bergantung padanya karena aku menganggap hal itu sudah seharusnya setelah apa yang ia lakukan padaku. Aku telah menyerahkan hidupku padanya sehingga tugasnyalah membuatku bahagia dengan menuruti semua keinginanku.


Di rumah kami, akulah ratunya. Tak ada seorangpun yang berani melawan. Jika ada sedikit saja masalah, aku selalu menyalahkan suamiku. Aku tak suka handuknya yang basah yang diletakkan di tempat tidur, aku sebal melihat ia meletakkan sendok sisa mengaduk susu di atas meja dan meninggalkan bekas lengket, aku benci ketika ia memakai komputerku meskipun hanya untuk menyelesaikan pekerjaannya. Aku marah kalau ia menggantung bajunya di kapstock bajuku, aku juga marah kalau ia memakai pasta gigi tanpa memencetnya dengan rapi, aku marah kalau ia menghubungiku hingga berkali-kali ketika aku sedang bersenang-senang dengan teman-temanku.


Tadinya aku memilih untuk tidak punya anak. Meskipun tidak bekerja, tapi aku tak mau mengurus anak. Awalnya dia mendukung dan akupun ber-KB dengan pil. Tapi rupanya ia menyembunyikan keinginannya begitu dalam sampai suatu hari aku lupa minum pil KB dan meskipun ia tahu ia membiarkannya. Akupun hamil dan baru menyadarinya setelah lebih dari empat bulan, dokterpun menolak menggugurkannya.
Itulah kemarahanku terbesar padanya. Kemarahan semakin bertambah ketika aku mengandung sepasang anak kembar dan harus mengalami kelahiran yang sulit. Aku memaksanya melakukan tindakan vasektomi agar aku tidak hamil lagi. Dengan patuh ia melakukan semua keinginanku karena aku mengancam akan meninggalkannya bersama kedua anak kami.


Waktu berlalu hingga anak-anak tak terasa berulang tahun yang ke-delapan. Seperti pagi-pagi sebelumnya, aku bangun paling akhir. Suami dan anak-anak sudah menungguku di meja makan. Seperti biasa, dialah yang menyediakan sarapan pagi dan mengantar anak-anak ke sekolah. Hari itu, ia mengingatkan kalau hari itu ada peringatan ulang tahun ibuku. Aku hanya menjawab dengan anggukan tanpa mempedulikan kata-katanya yang mengingatkan peristiwa tahun sebelumnya, saat itu aku memilih ke mal dan tidak hadir di acara ibu. Yaah, karena merasa terjebak dengan perkawinanku, aku juga membenci kedua orangtuaku.


Sebelum ke kantor, biasanya suamiku mencium pipiku saja dan diikuti anak-anak. Tetapi hari itu, ia juga memelukku sehingga anak-anak menggoda ayahnya dengan ribut. Aku berusaha mengelak dan melepaskan pelukannya. Meskipun akhirnya ikut tersenyum bersama anak-anak. Ia kembali mencium hingga beberapa kali di depan pintu, seakan-akan berat untuk pergi.


Ketika mereka pergi, akupun memutuskan untuk ke salon. Menghabiskan waktu ke salon adalah hobiku. Aku tiba di salon langgananku beberapa jam kemudian. Di salon aku bertemu salah satu temanku sekaligus orang yang tidak kusukai. Kami mengobrol dengan asyik termasuk saling memamerkan kegiatan kami. Tiba waktunya aku harus membayar tagihan salon, namun betapa terkejutnya aku ketika menyadari bahwa dompetku tertinggal di rumah. Meskipun merogoh tasku hingga bagian terdalam aku tak menemukannya di dalam tas. Sambil berusaha mengingat-ingat apa yang terjadi hingga dompetku tak bisa kutemukan aku menelepon suamiku dan bertanya.


“Maaf sayang, kemarin Farhan meminta uang jajan dan aku tak punya uang kecil maka kuambil dari dompetmu. Aku lupa menaruhnya kembali ke tasmu, kalau tidak salah aku letakkan di atas meja kerjaku.” Katanya menjelaskan dengan lembut.


Dengan marah, aku mengomelinya dengan kasar. Kututup telepon tanpa menunggunya selesai bicara. Tak lama kemudian, handphoneku kembali berbunyi dan meski masih kesal, akupun mengangkatnya dengan setengah membentak. “Apalagi??”


“Sayang, aku pulang sekarang, aku akan ambil dompet dan mengantarnya padamu. Sayang sekarang ada dimana?” tanya suamiku cepat , kuatir aku menutup telepon kembali. Aku menyebut nama salonku dan tanpa menunggu jawabannya lagi, aku kembali menutup telepon. Aku berbicara dengan kasir dan mengatakan bahwa suamiku akan datang membayarkan tagihanku. Si empunya Salon yang sahabatku sebenarnya sudah membolehkanku pergi dan mengatakan aku bisa membayarnya nanti kalau aku kembali lagi. Tapi rasa malu karena “musuh”ku juga ikut mendengarku ketinggalan dompet membuatku gengsi untuk berhutang dulu.


Hujan turun ketika aku melihat keluar dan berharap mobil suamiku segera sampai. Menit berlalu menjadi jam, aku semakin tidak sabar sehingga mulai menghubungi handphone suamiku. Tak ada jawaban meskipun sudah berkali-kali kutelepon. Padahal biasanya hanya dua kali berdering teleponku sudah diangkatnya. Aku mulai merasa tidak enak dan marah.


Teleponku diangkat setelah beberapa kali mencoba. Ketika suara bentakanku belum lagi keluar, terdengar suara asing menjawab telepon suamiku. Aku terdiam beberapa saat sebelum suara lelaki asing itu memperkenalkan diri, “selamat siang, ibu. Apakah ibu istri dari bapak armandi?” kujawab pertanyaan itu segera. Lelaki asing itu ternyata seorang polisi,  ia memberitahu bahwa suamiku mengalami kecelakaan dan saat ini ia sedang dibawa ke rumah sakit kepolisian. Saat itu aku hanya terdiam dan hanya menjawab terima kasih. Ketika telepon ditutup, aku berjongkok dengan bingung. Tanganku menggenggam erat handphone yang kupegang dan beberapa pegawai salon mendekatiku dengan sigap bertanya ada apa hingga wajahku menjadi pucat seputih kertas.


Entah bagaimana akhirnya aku sampai di rumah sakit. Entah bagaimana juga tahu-tahu seluruh keluarga hadir di sana menyusulku. Aku yang hanya diam seribu bahasa menunggu suamiku di depan ruang gawat darurat. Aku tak tahu harus melakukan apa karena selama ini dialah yang melakukan segalanya untukku. Ketika akhirnya setelah menunggu beberapa jam, tepat ketika kumandang adzan maghrib terdengar seorang dokter keluar dan menyampaikan berita itu. Suamiku telah tiada. Ia pergi bukan karena kecelakaan itu sendiri, serangan stroke-lah yang menyebabkan kematiannya. Selesai mendengar kenyataan itu, aku malah sibuk menguatkan kedua orangtuaku dan orangtuanya yang shock. Sama sekali tak ada airmata setetespun keluar di kedua mataku. Aku sibuk menenangkan ayah ibu dan mertuaku. Anak-anak yang terpukul memelukku dengan erat tetapi kesedihan mereka sama sekali tak mampu membuatku menangis.


Ketika jenazah dibawa ke rumah dan aku duduk di hadapannya, aku termangu menatap wajah itu. Kusadari baru kali inilah aku benar-benar menatap wajahnya yang tampak tertidur pulas. Kudekati wajahnya dan kupandangi dengan seksama. Saat itulah dadaku menjadi sesak teringat apa yang telah ia berikan padaku selama sepuluh tahun kebersamaan kami. Kusentuh perlahan wajahnya yang telah dingin dan kusadari inilah kali pertama kali aku menyentuh wajahnya yang dulu selalu dihiasi senyum hangat. Airmata merebak dimataku, mengaburkan pandanganku. Aku terkesiap berusaha mengusap agar airmata tak menghalangi tatapan terakhirku padanya, aku ingin mengingat semua bagian wajahnya agar kenangan manis tentang suamiku tak berakhir begitu saja. Tapi bukannya berhenti, airmataku semakin deras membanjiri kedua pipiku. Peringatan dari imam mesjid yang mengatur prosesi pemakaman tidak mampu membuatku berhenti menangis. Aku berusaha menahannya, tapi dadaku sesak mengingat apa yang telah kuperbuat padanya terakhir kali kami berbicara.


Aku teringat betapa aku tak pernah memperhatikan kesehatannya. Aku hampir tak pernah mengatur makannya. Padahal ia selalu mengatur apa yang kumakan. Ia memperhatikan vitamin dan obat yang harus kukonsumsi terutama ketika mengandung dan setelah melahirkan. Ia tak pernah absen mengingatkanku makan teratur, bahkan terkadang menyuapiku kalau aku sedang malas makan. Aku tak pernah tahu apa yang ia makan karena aku tak pernah bertanya. Bahkan aku tak tahu apa yang ia sukai dan tidak disukai. Hampir seluruh keluarga tahu bahwa suamiku adalah penggemar mie instant dan kopi kental. Dadaku sesak mendengarnya, karena aku tahu ia mungkin terpaksa makan mie instant karena aku hampir tak pernah memasak untuknya. Aku hanya memasak untuk anak-anak dan diriku sendiri. Aku tak perduli dia sudah makan atau belum ketika pulang kerja. Ia bisa makan masakanku hanya kalau bersisa. Iapun pulang larut malam setiap hari karena dari kantor cukup jauh dari rumah. Aku tak pernah mau menanggapi permintaannya untuk pindah lebih dekat ke kantornya karena tak mau jauh-jauh dari tempat tinggal teman-temanku.


Saat  pemakaman, aku tak mampu menahan diri lagi. Aku pingsan ketika melihat tubuhnya hilang bersamaan onggokan tanah yang menimbun. Aku tak tahu apapun sampai terbangun di tempat tidur besarku. Aku terbangun dengan rasa sesal memenuhi rongga dadaku. Keluarga besarku membujukku dengan sia-sia karena mereka tak pernah tahu mengapa aku begitu terluka kehilangan dirinya.


Hari-hari yang kujalani setelah kepergiannya bukanlah kebebasan seperti yang selama ini kuinginkan tetapi aku malah terjebak di dalam keinginan untuk bersamanya. Di hari-hari awal kepergiannya, aku duduk termangu memandangi piring kosong. Ayah, Ibu dan ibu mertuaku membujukku makan. Tetapi yang kuingat hanyalah saat suamiku membujukku makan kalau aku sedang mengambek dulu. Ketika aku lupa membawa handuk saat mandi, aku berteriak memanggilnya seperti biasa dan ketika malah ibuku yang datang, aku berjongkok menangis di dalam kamar mandi berharap ia yang datang. Kebiasaanku yang meneleponnya setiap kali aku tidak bisa melakukan sesuatu di rumah, membuat teman kerjanya kebingungan menjawab teleponku. Setiap malam aku menunggunya di kamar tidur dan berharap esok pagi aku terbangun dengan sosoknya di sebelahku.


Dulu aku begitu kesal kalau tidur mendengar suara dengkurannya, tapi sekarang aku bahkan sering terbangun karena rindu mendengarnya kembali. Dulu aku kesal karena ia sering berantakan di kamar tidur kami, tetapi kini aku merasa kamar tidur kami terasa kosong dan hampa. Dulu aku begitu kesal jika ia melakukan pekerjaan dan meninggalkannya di laptopku tanpa me-log out, sekarang aku memandangi komputer, mengusap tuts-tutsnya berharap bekas jari-jarinya masih tertinggal di sana. Dulu aku paling tidak suka ia membuat kopi tanpa alas piring di meja, sekarang bekasnya yang tersisa di sarapan pagi terakhirnyapun tidak mau kuhapus. Remote televisi yang biasa disembunyikannya, sekarang dengan mudah kutemukan meski aku berharap bisa mengganti kehilangannya  dengan kehilangan remote. Semua kebodohan itu kulakukan karena aku baru menyadari bahwa dia mencintaiku dan aku sudah terkena panah cintanya.


Aku juga marah pada diriku sendiri, aku marah karena semua kelihatan normal meskipun ia sudah tidak ada. Aku marah karena baju-bajunya masih di sana meninggalkan baunya yang membuatku rindu. Aku marah karena tak bisa menghentikan semua penyesalanku. Aku marah karena tak ada lagi yang membujukku agar tenang, tak ada lagi yang mengingatkanku sholat meskipun kini kulakukan dengan ikhlas. Aku sholat karena aku ingin meminta maaf, meminta maaf pada Allah karena menyia-nyiakan suami yang dianugerahi padaku, meminta ampun karena telah menjadi istri yang tidak baik pada suami yang begitu sempurna. Sholatlah yang mampu menghapus dukaku sedikit demi sedikit. Cinta Allah padaku ditunjukkannya dengan begitu banyak perhatian dari keluarga untukku dan anak-anak. Teman-temanku yang selama ini kubela-belain, hampir tak pernah menunjukkan batang hidung mereka setelah kepergian suamiku.


Empat puluh hari setelah kematiannya, keluarga mengingatkanku untuk bangkit dari keterpurukan. Ada dua anak yang menungguku dan harus kuhidupi. Kembali rasa bingung merasukiku. Selama ini aku tahu beres dan tak pernah bekerja. Semua dilakukan suamiku. Berapa besar pendapatannya selama ini aku tak pernah peduli, yang kupedulikan hanya jumlah rupiah yang ia transfer ke rekeningku untuk kupakai untuk keperluan pribadi dan setiap bulan uang itu hampir tak pernah bersisa. Dari kantor tempatnya bekerja, aku memperoleh gaji terakhir beserta kompensasi bonusnya. Ketika melihatnya aku terdiam tak menyangka, ternyata seluruh gajinya ditransfer ke rekeningku selama ini. Padahal aku tak pernah sedikitpun menggunakan untuk keperluan rumah tangga. Entah darimana ia memperoleh uang lain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga karena aku tak pernah bertanya sekalipun soal itu.Yang aku tahu sekarang aku harus bekerja atau anak-anakku takkan bisa hidup karena jumlah gaji terakhir dan kompensasi bonusnya takkan cukup untuk menghidupi kami bertiga. Tapi bekerja di mana? Aku hampir tak pernah punya pengalaman sama sekali. Semuanya selalu diatur oleh dia.


Kebingunganku terjawab beberapa waktu kemudian. Ayahku datang bersama seorang notaris. Ia membawa banyak sekali dokumen. Lalu notaris memberikan sebuah surat. Surat pernyataan suami bahwa ia mewariskan seluruh kekayaannya padaku dan anak-anak, ia menyertai ibunya dalam surat tersebut tapi yang membuatku tak mampu berkata apapun adalah isi suratnya untukku.


Istriku Liliana tersayang,


Maaf karena harus meninggalkanmu terlebih dahulu, sayang. maaf karena harus membuatmu bertanggung jawab mengurus segalanya sendiri. Maaf karena aku tak bisa memberimu cinta dan kasih sayang lagi. Allah memberiku waktu yang terlalu singkat karena mencintaimu dan anak-anak adalah hal terbaik yang pernah kulakukan untukmu.


Seandainya aku bisa, aku ingin mendampingi sayang selamanya. Tetapi aku tak mau kalian kehilangan kasih sayangku begitu saja. Selama ini aku telah menabung sedikit demi sedikit untuk kehidupan kalian nanti. Aku tak ingin sayang susah setelah aku pergi. Tak banyak yang bisa kuberikan tetapi aku berharap sayang bisa memanfaatkannya untuk membesarkan dan mendidik anak-anak. Lakukan yang terbaik untuk mereka, ya sayang.


Jangan menangis, sayangku yang manja. Lakukan banyak hal untuk membuat hidupmu yang terbuang percuma selama ini. Aku memberi kebebasan padamu untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang tak sempat kau lakukan selama ini. Maafkan kalau aku menyusahkanmu dan semoga Tuhan memberimu jodoh yang lebih baik dariku.


Teruntuk Farah, putri tercintaku. Maafkan karena ayah tak bisa mendampingimu. Jadilah istri yang baik seperti Ibu dan Farhan, ksatria pelindungku. Jagalah Ibu dan Farah. Jangan jadi anak yang bandel lagi dan selalu ingat dimanapun kalian berada, ayah akan disana melihatnya. Oke, Buddy!



Aku terisak membaca surat itu, ada gambar kartun dengan kacamata yang diberi lidah menjulur khas suamiku kalau ia mengirimkan note.


Notaris memberitahu bahwa selama ini suamiku memiliki beberapa asuransi dan tabungan deposito dari hasil warisan ayah kandungnya. Suamiku membuat beberapa usaha dari hasil deposito tabungan tersebut dan usaha tersebut cukup berhasil meskipun dimanajerin oleh orang-orang kepercayaannya. Aku hanya bisa menangis terharu mengetahui betapa besar cintanya pada kami, sehingga ketika ajal menjemputnya ia tetap membanjiri kami dengan cinta.


Aku tak pernah berpikir untuk menikah lagi. Banyaknya lelaki yang hadir tak mampu menghapus sosoknya yang masih begitu hidup di dalam hatiku. Hari demi hari hanya kuabdikan untuk anak-anakku. Ketika orangtuaku dan mertuaku pergi satu persatu meninggalkanku selaman-lamanya, tak satupun meninggalkan kesedihan sedalam kesedihanku saat suamiku pergi.


Kini kedua putra putriku berusia duapuluh tiga tahun. Dua hari lagi putriku menikahi seorang pemuda dari tanah seberang. Putri kami bertanya, “Ibu, aku harus bagaimana nanti setelah menjadi istri, soalnya Farah kan ga bisa masak, ga bisa nyuci, gimana ya bu?”


Aku merangkulnya sambil berkata “Cinta sayang, cintailah suamimu, cintailah pilihan hatimu, cintailah apa yang ia miliki dan kau akan mendapatkan segalanya. Karena cinta, kau akan belajar menyenangkan hatinya, akan belajar menerima kekurangannya, akan belajar bahwa sebesar apapun persoalan, kalian akan menyelesaikannya atas nama cinta.”


Putriku menatapku, “seperti cinta ibu untuk ayah? Cinta itukah yang membuat ibu tetap setia pada ayah sampai sekarang?”
Aku menggeleng, “bukan, sayangku. Cintailah suamimu seperti ayah mencintai ibu dulu, seperti ayah mencintai kalian berdua. Ibu setia pada ayah karena cinta ayah yang begitu besar pada ibu dan kalian berdua.”


Aku mungkin tak beruntung karena tak sempat menunjukkan cintaku pada suamiku. Aku menghabiskan sepuluh tahun untuk membencinya, tetapi menghabiskan hampir sepanjang sisa hidupku untuk mencintainya. Aku bebas darinya karena kematian, tapi aku tak pernah bisa bebas dari cintanya yang begitu tulus.

sumber : http://www.facebook.com/notes/achmad-jeihan-pahlevi/kisah

Senin, 27 Mei 2013

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...